Adm. Reform – TEST DRIVE

eJournal Program Magister Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Kampus

Panduan Pengajuan Artikel eJournal

Panduan Pengajuan Artikel eJournal

Semua mahasiswa Pascasarjana (Program Magister/S2) Fisip Unmul wajib membuat artikel eJournal yang akan dionlinekan di internet, di situs eJournal Administrative Reform di website ini. Ejournal ini terhubung dengan Portal Fisip Unmul. Persyaratan dan prosedur penyampaian artikel eJournal adalah sebagai berikut: TAHAP I 1. Telah lulus ujian Thesis. 2. Telah membuat artikel ejournal dengan format sebagaimana dijelaskan di sini. 3. Artikel dimaksud telah mendapat persetujuan dari Pembimbing I & II serta diberi identitas terbitan (Volume, Nomor, Tahun, Halaman) oleh Pengelola Program Magister Ilmu Administrasi Negara sebagaimana dijelaskan di sini. TAHAP II Melakukan registrasi di web eJournal ini dengan langkah sbb: - Klik link Register. - Masukkan username (satu kata) dan alamat email. Password akan dikirim ke email anda - Buka email anda untuk mendapatkan password tsb. - Login dengan memasukkan username dan password. Temukan Porfil anda lalu masukkan Last Name (nama keluarga/belakang) dan First Name (dama depan). Pengisian last name dan first ...

Read More

Panduan Pembuatan Artikel eJournal

Panduan Pembuatan Artikel eJournal

Panduan singkat ini berisi dua isu penting dalam pembuatan artikel jurnal/ejournal, yakni panduan tentang format/layout artikel dan  panduan tentang isi/materi artikel. Panduan Format/Layout Artikel Panduan pembuatan artikel dengan format atau layout sebagaimana yang telah ditentukan dijelaskan secara lengkap di sini. Panduan Isi/Materi Artikel Artikel ejournal yang online di internet akan bisa diakses publik kapan saja, di/dari mana saja, dan oleh siapa saja. Karenanya, buatlah artikel sebaik mungkin karena ini menyangkut citra dan kredibilitas penulis/pengarangnya sebagai penanggung jawab artikel. Artikel yang baik akan berisi hal-hal sebagai berikut: a. Tema/topiknya menarik atau bisa menarik minat pembaca. b. Berisi hal-hal yang baru atau menawarkan hal-hal yang baru (bukan duplikasi). c. Bersifat argumentatif (menawarkan/menyampaikan sebuah argumen, bukan yang deskriptif datar tanpa argumen). d. Sistematis, logis, enak dibaca. Kombinasi minimal tiga kriteria dari empat kriteria tsb (a, b, c, d) masih dimungkinkan untuk menghasilkan sebuah artikel standar ejournal. Di dunia ilmu pengetahuan atau penulisan karya-karya ...

Read More

Format Artikel/Halaman eJournal (mulai hlm Ganjil & Genap)

Format Artikel/Halaman eJournal (mulai hlm Ganjil & Genap)

Format artikel-artikel eJournal Program Studi adalah sebagaimana yang telah ditentukan oleh Fakultas, sbb: Judul Penulis Abstrak Kata kunci Pendahuluan (terdiri dari latar belakang, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian) Kerangka Dasar Teori Metode Penelitian (dibuat ringkas) Hasil Penelitian Kesimpulan dan Saran Daftar Pustaka Artikel-artikel dalam satu jurnal atau eJournal memiliki format layout/tampilan yang seragam demi konsistensi terbitan. Format artikel/layout  eJournal Prodi ini juga dibuat seragam yang secara garis besar bisa dijelaskan sbb: - Artikel dibuat dengan satu spasi. - Header halaman depan: jenis huruf Arial, ukuran font 8 - Header bagian dalam kiri (Volume, Nomor, dsb) dan kanan (Judul ringkas dan pengarang): Arial, ukuran font 10 - Judul memakai huruf besar semua (Capital) dengan jenis huruf Times New Roman besar huruf 14, dicetak tebal (bold). - Jika ada Sub-judul, pakai huruf judul bisa (Title Case, huruf paling depan dalam sebuah kata memakai huruf besar/capital, kecuali kata sambung/depan), font Times New Roman, besar huruf 13, dan dicetak tebal (bold). - Pengarang ...

Read More

Halaman Persetujuan Pembimbing

Halaman Persetujuan Pembimbing

Sebelum meminta persetujuan dari Pembimbing, siapkan sbb: 1. Draft artikel eJournal dalam format halaman yang sudah ditentukan (nomor halaman sementara bisa dimulai dari nomor 1). 2. Siapkan Halaman Persetujuan Penerbitan Artikel eJournal, yang filenya bisa didownload di link di bawah ini. 3. Gabungkan draft artikel dan halaman persetujuan, potong dengan ukuran 18 x 25 cm, dan ajukan ke Pembimbing I dan II untuk dikoreksi dan diminta persetujuannya. Halaman Persetujuan Penerbitan Artikel eJournal dari Pembimbing I dan Pembimbing II bisa didownload di sini. Jika sudah mendapatkan persetujuan (tanda tangan) dari Pembimbing I dan Pembimbing II, langkah selanjutnya adalah sbb: 1. Bawa artikel ejournal dan halaman persetujuan yang sudah ditandatangani tsb ke Prodi. Artikel yang dibawa adalah draft final (yang sudah dikoreksi/mendapat persetujuan). 2. Bawa file artikel eJournal tsb untuk memastikan bahwa artikel anda mulai dari halaman sekian dan sampai halaman sekian. Jumlah halaman ini (atau dari halaman  berapa ...

Read More

Contoh Artikel eJournal

Contoh Artikel eJournal

Untuk format artikel eJournal ini, gunakan file format artikel yang telah disediakan (lihat di link Download Format Artikel/Halaman eJournal mulai hlm Ganjil & Genap). Anda tinggal mencopy paste isi artikel ke format halaman ini, lalu sesuaikan jenis font (Arial, Times New Roman), bentuk font (cetak tebal, tebal-miring, normal, miring), ukuran font (8, 10, 11,5, 12, 13, 14), tata letak, dsb. Artikel contoh dalam link di bawah ini berasal dari jurnal internasional yang lahir dan sekretariatnya ada di kampus Gunung Kelua Unmul. Jurnal ini juga sudah mendapat akreditasi dari Dikti (untuk penulis dari Indonesia). Bahasa yang dipakai memang Bahasa Inggris, namun yang perlu dilihat adalah layout dari artikelnya, terutama artikel yang dimulai dari halaman ganjil dan artikel yang dimulai dari halaman genap. Perhatikan header kiri atas (identitas terbitan spt Volume, Nomor, dsb), kanan atas (judul ringkas dan pengarang -- dalam satu baris ...

Read More


TEST DRIVE – DEMO – EJOURNAL

Situs ini adalah situs untuk melakukan test drive atau percobaan sebelum anda mengisi data ejournal di situs yang sebenarnya. Situs test drive atau situs demo ini dibuat persis sama dengan situs aslinya atau situs yang sebenarnya.  Anda bisa mencoba lebih dari sekali dalam mengisi data eJournal sampai mahir tanpa kesalahan. Setelah tanpa kesalahan, silakan mengisi data ejournal dan mengupload filenya di situs aslinya. Untuk bisa melakukan test drive (mencoba), anda harus mendaftar (Register) dan Login terlebih dahulu di situs ini. Good luck!!!

————————————————-

Profil eJournal Administrative Reform
Pembentukan eJournal ini dilatarbelakangi oleh adanya ketentuan dari Dikti Depdiknas bahwa semua lulusan S1, S2, dan S3 diwajibkan membuat karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah sehingga bisa diakses publik. Ada beberapa tujuan dari kebijakan dimaksud, diantaranya untuk mensosialisasikan hasil-hasil karya ilmiah (penelitan) mahasiswa. Oleh karena keterbatasan jurnal dalam bentuk cetakan, maka direkomendasikan untuk memakai media jurnal elektronik (eJournal) sebagai media penerbitan karya-karya ilmiah tersebut. Fakultas kemudian menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan mewajibkan semua mahasiswa S1 dan S2 Fisip Unmul untuk membuat artikel di jurnal ilmiah untuk bisa diakses oleh publik. Untuk itulah maka Program Magister Ilmu Administrasi Negara membuat dan mengonlinekan elektronik jurnal (eJournal) yang bernama Administrative Reform.

Pengelolaan
eJournal ini dibentuk di awal tahun 2013 dan dikelola oleh Program Magister Ilmu Administrasi Negara dengan melibatkan segenap sumberdayanya, mulai dari proses pembimbingan, penyiapan sarana prasarana, pemberian konsultasi, sampai publikasi.

Publikasi
eJournal ini menerbitkan/mengonlinekan artikel-artikel mahasiwa S2 (MIAN), yang frekuensi terbitnya adalah empat kali setahun , mulai Nomor 1  sampai Nomor 4 dalam periode satu tahun.

Tema
Tema dari artikel-artikel eJournal adalah sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkan atau yang menjadi spesialisasi Program MIAN.

Sumber Artikel
Artikel-artikel mahasiswa dalam eJournal bersumber dari Thesis yang telah dipertahankan di hadapan Dewan Penguji pada Sidang Ujian Thesis. Pembuatan draft artikel eJournal itu sendiri bisa dimulai menjelang tahap akhir penyelesaian Thesis, sementara artikel finalnya diselesaikan setelah lulus ujian Thesis.

Akses
Artikel-artikel mahasiswa ang dionlinekan di eJournal ini (di website ini) terhubung dengan Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul. Dengan demikian, artikel-artikel dimaksud disamping bisa dibaca di situs ini juga bisa diakses di/melalui Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul.

Sekretariat
Sekretariat eJournal berada di Program Magister Ilmu Administrasi Negara Fisip Unmul, Kampus Gunung Kelua. Samarinda, Kalimantan Timur.